Selasa, 10 Juni 2014

PERKEMAHAN BANTARA 2014

Perkemahan bantara adalah kegiatan paling utama dari yang utama berhubung kegiatan ini adalah kegiatan sakral di ambalan.

                Perkemahan bantara berlangsung selama tiga hari dua malam di lingkungan SMA Vidatra. Jadi, sebelum para penegak kelas X dilantik untuk menjadi bantara mereka harus mengikuti beberapa kegiatan dan syarat di perkemahan bantara ini. Ada test kemampuan dalam teknik pramuka, hubungan dengan masyarakat secara langsung, bahkan pengujian mental. Ujian ini diharapkan agar para penegak bantara nantinya dapat benar-benar bertanggung jawab dari apa yang sudah menjadi tanggungannya. Dan akhirnya setelah pencarian terakhir alias pencarian bantara mereka berhak untuk dialntik sebagai penegak bantara. Ingat, tanggung jawab sebagai bantara tidak hanya sekedar tanggung jawab memikul TKU bantara di kedua pundak kita. Tetaplah jadi yang terbaik dari yang terbaik! 


Upacara Pembukaan



Ini waktu lagi makan yaa wkwk

Lagi arahan dari kakak-kakak nih :D


Hayooo ini kenapa ya pada di suruh berdiri


Sewaktu laporan sehabis bakti sosial


Nah ini upacara adat sebelum pemberangkatan pencarian bantara


Pada deg-deg an kayaknya
                                     



Ini ritual pelantikan setelah berhasil menemukan bantara, didampingi oleh perantara kanan dan kiri


Acara penutupan sebelum pulang 

Rapat evaluasi para panitia



Sekian dulu ya, semoga para bantara ini dapat  menjalankan tanggung jawabnya sebaik mungkin. Salam Pramuka!


Jumat, 09 Mei 2014

BIVAK 2014

Salam Pramuka!

Nah ini dia salah satu acara yang ditunggu-tunggu para penegak SMA Vidatra. Acara bivak berlangsung selama tiga hari dua malam di mana para penegak ditantang untuk bertahan hidup sambil mengarungi Kota Bontang. Walaupun melelahkan, tapi semangat mereka tidak pernah pudar loh. Mereka tetap bersemangat untuk berjalan mengikuti rute hingga finish. Panasnya matahari dan beratnya tas yang mereka bawa bukan menjadi alas an untuk mundur apalagi berhenti mengikuti bivak. Kakak-kakak kelas XI yang menjadi panitia sangat salut dengan semangat mereka. Pada acara bivak ini mereka juga ditantang untuk membuat makanan sendiri alias memasak sendiri. Seru bukan? Nah, langsung kita lihat saja apa yang terjadi ya… check it out!

Upacara sebelum pemberangkatan




Ini dia salah satu jalanan yang akan ditempuh oleh para penegak, coba tebak ini di mana? :D

Pemberhentian di salah satu pos. Eh itu ngeliat apaan ya?


Nah ini dia keseruan acara masak-memasak :D


Selamat makan!

Selamat makan semuanya!!

Adik-adik penggalang dari SMP Vidatra yang akan ikut menyemarakkan pensi di acara bivak ini. :)


Upacara Api Unggun.


Pagi terakhir, nge-games dulu yok..




Basah basah basah....




Itu tadi beberapa kenangan di acara bivak 2014 ini. Semoga bivak di tahun 2015 akan berlangsung lebih baik lagi. Ingat, jadilah yang terbaik dari yang terbaik! Salam Pramuka!

ORIENTASI CALON TEGAK 2014

Assalamualaikum! Salam Pramuka!
Sebelumnya admin mohon maaf yang sebesar-besarnya karena keterlambatan postingan ini. Dimaafin gak? Maafin dong yaa :D

Jadi ini adalah kegiatan pramuka SMA Vidatra yang ke-sekian kalinya. Kegiatan ini adalah ORIENTASI CALON TEGAK di mana para tamu tegak SMA Vidatra yang telah mengikuti OTT atau Orientasi Tamu Tegak sebelumnya akan dikukuhkan atau dilantik menjadi penegak SMA Vidatra. Pada kegiatan kali ini para calon tegak diberi bekal oleh kakak-kakak yang sudah menjadi bantara. Tentang LKBB, materi morse dan sandi, dan pengenalan tentang ambalan. Acara ini berlangsung selama dua hari satu malam bertempat di SMA Vidatra dan ditutup dengan pelantikan calon penegak menjadi penegak sesungguhnya. Oke, langsung saja kita nikmati gambar-gambarnya! :D  

Upacara Pembukaan


Ini dia sewaktu mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh panitia, hayoo pada nyontek gak nih?



Kompak banget nih kerjasamanya :D

Ayo dilipet yang bener...



Disiram lumpur dan dikasih pertanyaan. Gimana susahnya coba? :')


Kakak panitia jangan jahat-jahat dong!

Keciprat lumpur ya, dek?


Upacara pelantikan penegak berlangsung dengan khitmad.



Demi Kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat. Menepati Dasadarma.



Nah itu tadi beberapa gambaran tentang Orientasi Calon Tegak 2014. Semoga adik-adik penegak Ambalan Cakra Puspa Patra yang baru ini dapat menjadi penegak yang terbaik dari yang terbaik. Sampai jumpa di Orientasi Calon Tegak tahun 2015! Salam Pramuka!