Minggu, 11 Oktober 2009

ENGGANG DI HUTAN SANGKIMA

Lagi-lagi Pramuka VIDATRA mengadakan kegiatan. walaupun sepi dari kegitan sekala lokal maupun nasional, tapi Cakra Puspa Patra tidak berdiam diri atau menunggu undangan.

Kali ini minggu yang lalu Cakra Puspa Patra mengadakan perkemahan empat hari di TNK Sangkima. Dalam cuaca yang panas, sumber air menipis Puspa Patra ingin tahu lebih jauh tentang Hutan Kalimantan tepatnya di TNK Sangkima. Keadaan Flora dan Fauna di sekitar Sangkima sudah banyak mengalami penurunan di bandingkan 10 tahun yang lalu. di pinggiran jalan Bontang - Sangata sejauh 2 KM ke dalam banyak mengalami kerusakan, si penebang membiarkan begitu saja area yang sudah diambil kayunya, sehingga mengakibatkan hewan-hewan yang berada di sekitar kehilangan tempat tiggal bahkan sumber makan.

Untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam Ambalan Cakra Puspa Patra mengajak adik2 Bantara untuk terjun langsung merasakan betapa pentingnya melestarikan flora dan fauna.
Disana kami berlama-lama di dalam hutan untuk menikmati oksigen yang masih bersih tanpa polusi, di sore dan pagi hari melihat gerak lincah burung dan monyet, menikmati sair kicau burung yang jumlahnya begitu banyak.
Dengan dijadikannya hutan untuk tempat wisata, agar kita tahu dan merasakan bahwa kita sangat memerlukan semua itu.
Andaikan ini semua tetap terjaga kelestariannya, maka bumi ini akan panjang umur dan masih banyak generasi yang bisa menikmatinya.

Adik2 dan saudaraku Hidup ini nyata, kalau kita tidak menjaga dengan baik, maka kematian itu juga nyata (kematian seperti apa yang kita inginkan?).
Belum terlambat kita untuk berbuat guna melestarikan alam/hutan kita

Pesan kakak bila kelak kalian jadi pejabat letakkan suatu kebijakan untuk melestarikan Hutan.
(by : Kak Sutrisno Suwito_KAK TRIS)

0 comments:

Posting Komentar