Minggu, 16 Januari 2011

Latihan Fire Penegak Vidatra 2011

Bontang - Dewan Ambalan Cakra Puspa Patra periode 2010/2011 akhirnya telah melaksanakan salah satu program kerja yaitu Latihan Fire bekerjasama dengan SHE-Q Dept yang dilakukan pada Sabtu (15 Januari 2011). Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 WITA untuk berkumpul dan diberi pengarahan dari kakak pembina sebelum melakukan perjalanan menuju Fire Training PT Badak LNG dengan menggunakan bis. Kami hanya berbekal snack + minum masing-masing, memakai baju semi pramuka dan bersepatu. Tepat pukul 08.30 WITA, bis kami akhirnya telah datang dan kamipun memasuki bis tersebut dengan tertib.

Setelah sampai di Fire Training PTB, ternyata kedatangan kami sudah ditunggu, dan kami disambut dengan baik. Kami diajak untuk masuk kedalam untuk diberi bekal materi sebelum nantinya kami akan praktek di lapangan. Materi tentang pemadam kebakaran ternyata disampaikan oleh Bapak Ahmad Wildan, salah satu seorang fireman di Fire Training PTB. Kamipun sangat antusias menyimak materi tersebut. Setelah diberi materi yang cukup lama, kami akhirnya melakukan praktek Seolah-olah menjadi pemadam kebakaran sebenarnya. Kenapa? karena kami semua dibolehkan untuk memakai style ala pemadam kebakaran (helm,baju anti api, sarung tangan, dan sepatu boot). Praktek pertama yang akan diberikan kepada kami adalah memadamkan api dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan cara menggunakannya dengan benar, praktek kedua yaitu memadamkan api pada sebuah lubang besar dan juga apinya kali ini lumayan besar, dan yang terakhir yaitu praktek memadamkan api dengan menggunakan selang. Pada praktek ini cukup menguji andrenalin karena api dan radius panas yang sangat besar dari praktek kedua serta menguji kekompakan untuk memadamkan api dengan cepat. Dan akhirnya kamipun mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan dan sangat berterimakasih kepada semua yang telah menyalurkan ilmu tentang kegiatan ini. Semoga ilmu yang telah kami dapat bermanfaat untuk keselamatan diri sendiri dan juga orang lain.

Berikut dokumentasi kegiatan dan komentar dari peserta training..




Pramuka Vidatra Siap Sedia !
"Seru banget lahh buat hari ini, beruntung banget bisa ngerasain latihan kayak begitu tadi, wesss pokok ny seru bangeeettt laaahh ! :D"
Hanifah Candra (Via Facebook)

Sangat seru bukan ?
Untuk melihat dokumentasi kegiatan ini yg lebih lengkap,
bisa nge-klik link dibawah ini..
Foto Latihan Fire Penegak Vidatra 2011 (yordyan)
Foto Latihan Fire Penegak Vidatra 2011 (yoga)

" Mencegah lebih baik daripada Menanggulangi "
pesan sang penakluk api

Viva Pramuka Vidatra !
Viva Cakra Puspa Patra !
(knv)

3 comments:

Agus R. mengatakan...

wuihh KERENN!
semangat PAMVIR!

Geafry Necolsen mengatakan...

wah.. anak pramuka latian kayak gini juga.. beruntung sekali, kalau training di luar bisa ngabisin duit jutaan tuh

Anonim mengatakan...

waaah senengnya bisa berkesempatan memadamkan api , seru bgt lho , aku mau lagi :))

pekerjaan yang sangat menandatang dan memacu adrenalin , terima kasih untuk bpk" SHE-Q dept yang sudah mau ngajarin kita kita .

kami sangat senang :)

Posting Komentar